Partai Demokrat Gencar Lakukan Lobi dan Pertemuan Jelang Berakhirnya Masa Kerja Pansus Century Gerindra Juga Didekati, Yakin Menang di Pansus

Jumat, 19 Februari 2010 ·
Partai Demokrat dan komponen pemerintah lainnya terus gencar melakukan lobi dan sejumlah pertemuan menjelang berakhirnya masa kerja Pansus Hak Angket Bank Century beberapa hari lagi. Mereka yakin bahwa pada akhirnya mampu memenangkan hasil akhir pansus yang sudah bekerja sekitar dua bulan itu.

"Yang saya yakini, berkoalisi itu pasti ada maknanya. Kalau tidak ada maknanya, buat apa berkoalisi?" kata Ketua Fraksi Partai Demokrat Anas Urbaningrum di gedung DPR, Senayan, Jakarta, kemarin (17/2). Dia menyatakan, para mitra koalisi yang merupakan mayoritas di parlemen tersebut pasti memahami hal itu.

Namun, saat didesak proporsi akhir pandangan fraksi-fraksi atas kesimpulan akhir pansus, Anas enggan menyebutkan. "Kami bukan membicarakan skor akhir, pansus itu bukan seperti sepak bola yang skor akhirnya bisa ditebak atau dikira-kira," tandas ketua DPP Partai Demokrat tersebut sambil tersenyum.

Dalam kesimpulan sementara terkait keabsahan kebijakan bailout beberapa waktu lalu, Demokrat masih masuk kelompok minoritas. Komposisinya, tujuh fraksi menyatakan kebijakan bailout tidak tepat, sedangkan dua fraksi (Demokrat dan PKB) menyatakan wajar.

Namun, sangat mungkin komposisi 7:2 tersebut tidak akan bertahan hingga akhir. Sebab, hingga beberapa hari terakhir, komunikasi politik Demokrat dengan mitra koalisi terus digencarkan. Sejumlah forum telah dilaksanakan para petinggi partai. "Kalau partai koalisi tidak bertemu, itu yang justru aneh," kata Anas, membenarkan adanya sejumlah pertemuan.

Bahkan, dia menegaskan bahwa pertemuan dan komunikasi dengan partai yang tidak berkoalisi pun terus dilakukan. "Kalau (kepada) mereka saja kami tetap berkomunikasi, apalagi yang koalisi," tambah mantan ketua umum PB HMI itu. Lobi antar koalisi kini memang sedang gencar. Kabarnya, pertemuan di rumah Ketum PAN Hatta Rajasa telah tercapai kesepakatan koalisi.

Pertemuan petinggi Demokrat dengan petinggi partai nonkoalisi tersebut diakui Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani. "Ya, dua hari lalu (tiga hari lalu, Red) dua petinggi Partai Demokrat dan Gerindra memang sempat bertemu," ungkap Muzani. Meski demikian, dia buru-buru menambahkan bahwa pertemuan tersebut sekadar pertemuan politik antardua pimpinan. "Tidak akan mengubah sikap konsisten kami di Century, lihat saja hingga akhir nanti," tegasnya.

Staf Khusus SBY Andi Arif juga bertemu Sekjen PDIP Pramono Anung. Berkembang spekulasi akan terjadi reshuffle kabinet.

Mitra koalisi juga mulai berbalik arah. Menkum HAM yang juga fungsionaris Partai Amanat Nasional (PAN), Patrialis Akbar, mengakui adanya lobi-lobi antar- petinggi partai menjelang penyampaian kesimpulan akhir Pansus Hak Angket Bank Century di DPR. Dia mengatakan, PAN akan membedakan antara kebijakan dan penyalahgunaan jabatan para pengurus bank. Patrialis menyimpulkan, tidak ada yang salah dalam kebijakan bailout Bank Century.

Kesimpulan Patrialis itu bertolak belakang dengan pandangan awal FPAN di pansus. "Ya, itu kan sementara. (Dalam) perjalanannya kan banyak ditemukan fakta. Berjalannya waktu kan menentukan. Jadi, bukan persoalan berubah, tapi harus menyesuaikan dengan apa yang ditemukan," katanya di sela kunjungan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Pusat Pelayanan Kesejahteraan Sosial Anak Bambu Apus, Jakarta, kemarin.

Apakah pendapat Patrialis itu mencerminkan sikap akhir PAN? "Kalau PAN, ya dong. Kan saya orang PAN. Jadi, saya ikut membuat guidance untuk Fraksi PAN, bagaimana pandangan PAN terhadap Century. Tapi kalau fraksi lain, saya tidak tahu. Tapi kalau PAN, harus seperti itu," bebernya.

Menteri agama yang juga ketua umum PPP, Suryadharma Ali, juga mengakui adanya pertemuan-pertemuan antarpartai untuk membahas kesimpulan akhir pansus. " Pertemuan-pertemuan itu biasa terjadi. Sebagai partai koalisi, juga sering terjadi komunikasi. Jadi, bukan suatu hal yang baru," ujarnya.

Dia menambahkan, sikap akhir PPP masih belum ditentukan. Kesimpulan akhir FPPP menunggu temuan-temuan baru di pansus.
Anda sedang membaca artikel tentang Partai Demokrat Gencar Lakukan Lobi dan Pertemuan Jelang Berakhirnya Masa Kerja Pansus Century Gerindra Juga Didekati, Yakin Menang di Pansus dan anda bisa menemukan artikel Partai Demokrat Gencar Lakukan Lobi dan Pertemuan Jelang Berakhirnya Masa Kerja Pansus Century Gerindra Juga Didekati, Yakin Menang di Pansus ini dengan url http://anandanurhadi.blogspot.com/2010/02/partai-demokrat-gencar-lakukan-lobi-dan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Partai Demokrat Gencar Lakukan Lobi dan Pertemuan Jelang Berakhirnya Masa Kerja Pansus Century Gerindra Juga Didekati, Yakin Menang di Pansus ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Partai Demokrat Gencar Lakukan Lobi dan Pertemuan Jelang Berakhirnya Masa Kerja Pansus Century Gerindra Juga Didekati, Yakin Menang di Pansus sumbernya.
| More

0 comments:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Pengikut

Laman

 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD