Istana Yakin Partai Koalisi akan Tetap Solid dalam Kesimpulan Akhir Pansus Pada Rapat Kesimpulan Akhir Pansus Century Besok

Senin, 15 Februari 2010 ·
JAKARTA - Istana sangat yakin akan memenangi pertarungan di Pansus Century. Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha optimistis partai-partai koalisi akan tetap solid dalam kesimpulan akhir nanti.

Dalam kesimpulan sementara, di antara enam parpol anggota koalisi, hanya Demokrat dan PKB yang satu suara dengan istana, yakni membenarkan proses bailout. Sementara itu, Golkar, PKS, PAN, dan PPP menilai pengucuran dana Rp 6,7 triliun tersebut penuh dengan kesalahan. "Jalan berbeda" empat parpol pendukung SBY itu plus PDIP, Gerindra, dan Hanura membuat peta politik menjadi 7-2.

Istana sangat percaya bahwa dinamika politik yang terkait dengan kasus Bank Century belum akan menjurus ke perpecahan partai-partai yang membangun koalisi Kabinet Indonesia Bersatu II. "Pemerintah tidak melihat kemungkinan ke arah sana. Tidak ada kekhawatiran soal itu juga. Jadi, yang sejauh ini dinilai pemerintah, cukup kondusif untuk mencapai saling kesepahaman yang baik dalam membuka atau mengungkap kebenaran kasus Century," tutur Julian di kompleks Istana Presiden, Jakarta, kemarin (15/2).

Masalah hukum yang menyangkut petinggi PPP Bachtiar Chamsyah juga tidak akan memengaruhi koalisi di kabinet. Julian mengatakan, tidak ada unsur dan motif politik dari proses hukum mantan menteri sosial tersebut. "Tidak ada unsur politis, kami kira," ucap Julian. Seperti pernah diberitakan, fungsionaris PPP menilai proses hukum terhadap Bachtiar merupakan tekanan karena sikap fraksi dalam kasus Bank Century.

Proses hukum terhadap Bachtiar sudah sesuai dengan prosedur. "Bila ada proses-proses hukum, kami menganggap itu sesuai dengan prosedur hukum yang berlaku. Para penegak hukum kini melaksanakan tugas mereka secara profesional. Jadi, tidak ada politisasi soal itu," ungkap Julian.

Sikap PAN-PPP

Pernyataan istana tersebut tampak klop dengan dinamika parpol.

Dua mitra koalisi SBY di DPR, yakni FPAN dan FPPP, yang dalam kesimpulan awal melihat ada kesalahan dalam bailout, kini belum bisa memastikan kesimpulan akhir.

Bisa jadi kesimpulan akhir bertolak belakang dengan kesimpulan awal. "Sekarang susah memprediksi (kesimpulan akhirnya, Red). Soalnya, yang terkait dengan aliran dana kan belum masuk. Padahal, dari situ (aliran dana, Red) akan terlihat, ada penyimpangan riil atau tidak," kata Asman Abnur, ketua FPAN yang juga anggota Pansus Century, di gedung DPR, Senayan, kemarin (15/2).

Rencananya, pansus mengagendakan penyampaian pandangan akhir fraksi pada 17 Februari 2010. Saat ini pansus masih menyelidiki arah aliran dana Bank Century.

Menurut dia, fraksinya terus terfokus untuk menggali data-data yang terkait dengan aliran dana tersebut. Asman menambahkan, pandangan politik FPAN sangat bergantung temuan pansus dari penelusuran aliran dana bailout Bank Century yang totalnya mencapai Rp 6,7 triliun itu.

"Intinya, kami tetap berkonsentrasi di aliran dana. Itu sangat menentukan pandangan akhir kami," tegasnya. Apa pandangan akhir tersebut bergantung hasil tawar-menawar dengan SBY? "Itu sama sekali tidak ada. Kami jalan secara serius dan berusaha objektif," ucap Asman. "Tapi, bahasa politik tidak seperti matematika. Kami masih melihat perkembangan," imbuhnya.

Anggota pansus dari FPPP Ahmad Yani mengatakan, pansus masih membicarakan aliran dana. Menurut dia, pansus tidak akan mampu menyelesaikan pemeriksaan yang terkait dengan aliran dana itu. "Waktu terbatas dan jumlah rekeningnya ribuan. PPATK saja tidak mampu, apalagi kami," ujar dia.

Lantas, apa kira-kira pandangan akhir FPPP? "Belum final. Nanti kami rapatkan di internal," kata dia.
Anda sedang membaca artikel tentang Istana Yakin Partai Koalisi akan Tetap Solid dalam Kesimpulan Akhir Pansus Pada Rapat Kesimpulan Akhir Pansus Century Besok dan anda bisa menemukan artikel Istana Yakin Partai Koalisi akan Tetap Solid dalam Kesimpulan Akhir Pansus Pada Rapat Kesimpulan Akhir Pansus Century Besok ini dengan url http://anandanurhadi.blogspot.com/2010/02/istana-yakin-partai-koalisi-akan-tetap.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Istana Yakin Partai Koalisi akan Tetap Solid dalam Kesimpulan Akhir Pansus Pada Rapat Kesimpulan Akhir Pansus Century Besok ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Istana Yakin Partai Koalisi akan Tetap Solid dalam Kesimpulan Akhir Pansus Pada Rapat Kesimpulan Akhir Pansus Century Besok sumbernya.
| More

0 comments:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Pengikut

Laman

 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD