57 Ribu Sarjana Jatim Nganggur

Jumat, 12 Februari 2010 ·
SURABAYA - SURYA- Gelar sarjana ternyata tidak menjamin seseorang cepat mendapat kerja. Buktinya adalah makin meningkatnya jumlah pengangguran terdidik di Jatim. Saat ini, jumlah pengangguran sarjana mencapai 57.000 orang. “Selain sarjana dari perguruan tinggi swasta, sarjana yang menganggur juga berasal dari lulusan PTN (perguruan tinggi negeri, Red),” ujar Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, Braman Setyo disela-sela acara seminar dan workshop kewirausahaan di Graha Wicaksana Praja, Kantor Gubernur Jatim.

Acara yang digelar Pemprov tersebut diikuti 450 sarjana di Jatim dan dihadiri Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Syarifudin Hasan.
Dengan mengikuti seminar dan workshop, pihaknya, kata Braman berharap para sarjana mempunyai gambaran terkait bidang kerja yang akan dimasuki. Jika tidak diterima berkerja di sektor formal, mereka dapat menekuni kerja di bidang non formal.

Menyikapi banyaknya pengangguran dari kalangan terdidik, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (KUKM) Syarifudin Hasan mengaku lembaganya siap memberikan fasilitas sarjana yang ingin mendapatkan modal sebagai wirausahawan muda. “Untuk mendapatkan modal usaha tersebut, ijazah dapat dijadikan sebagai agunannya,” jelasnya.

Namun sebelum diberi modal, para sarjana diminta menyampaikan proposal. Kalau proposal kewirausahaan yang diajukan dinilai visible, layak secara bisnis dan prospektif, Syarif menjamin modal yang diinginkan akan langsung diberikan. “Makanya, berapapun jumlah sarjana kami siap menampung,” imbuhnya.

Khusus Jatim, tahun ini, lembaga yang dipimpinnya, lanjut Syarif siap menampung sekitar 1.000 sarjana. Modal yang akan dikucurkan untuk program pengurangan pengangguran tersebut siap ditanggung oleh BNI. “Untuk penyalurannya, lima koperasi di Jatim siap sebagai lembaga penyalurnya,” tukas Braman.

Ardhi, seorang sarjana yang ikut workshop mengaku tertarik dengan program pemberian modal kewirausahaan bagi lulusan perguruan tinggi. “Sekarang ini kan cari kerja sulit, Mas. Dengan adanya program seperti ini bisa menjadikan kita mandiri,” katanya.
Bidang apa yang akan digeluti? Ditanya demikian, lulusan salah satu PTN di Surabaya ini mengaku berniat membuka wirausaha di bidang jasa. “Mungkin buka usaha catering,” imbuhnya. uji
Anda sedang membaca artikel tentang 57 Ribu Sarjana Jatim Nganggur dan anda bisa menemukan artikel 57 Ribu Sarjana Jatim Nganggur ini dengan url http://anandanurhadi.blogspot.com/2010/02/57-ribu-sarjana-jatim-nganggur.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel 57 Ribu Sarjana Jatim Nganggur ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link 57 Ribu Sarjana Jatim Nganggur sumbernya.
| More

0 comments:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Pengikut

Laman

 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD