Pesawat Bermesin Tunggal Tabrak Gedung IRS di Austin Texas

Jumat, 19 Februari 2010 ·
Hampir sembilan tahun setelah tragedi teror pada 11 September 2001 yang lebih dikenal sebagai 9/11, AS kembali diguncang insiden serupa. Pesawat kecil bermesin tunggal yang dipiloti warga lokal menabrak gedung IRS atau Internal Revenue Service (badan federal yang secara khusus menangani pajak di AS) di Kota Austin, Texas, Kamis pagi waktu setempat (18/2).

Tabrakan itu menimbulkan bola api besar. Kantor pajak tujuh lantai itu pun terbakar. Asap hitam nan tebal mengepul di udara. Sejumlah stasiun televisi menayangkan gambar-gambar ketika kebakaran terjadi hingga bangunan rusak setelah api dipadamkan. Tayangan itu mengingatkan publik atas kenangan pahit terhadap serangan 9/11.

Dua orang tewas dan 13 lainnya luka-luka dalam insiden tersebut. Dua korban luka dilaporkan kritis dan dilarikan ke rumah sakit. Korban dalam jumlah besar bisa dihindari karena pegawai federal di gedung tersebut segera dievakuasi.

Gedung IRS menjadi kantor bagi sekitar 190 pegawai. Termasuk, divisi investigasi kriminal, auditor, dan penagih pajak. Di seberang gedung tersebut terdapat kantor FBI (biro penyelidik federal AS).

Pesawat menghantam lantai kedua gedung tersebut pukul 09.56 waktu setempat (pukul 22.56 WIB Kamis malam) setelah lepas landas dan terbang dari Georgetown, sekitar 30 mil atau sekitar 48 km dari Austin. Tabrakan itu mengakibatkan ledakan hebat.

''Rasanya seperti ada bom meledak. Atap gedung runtuh dan kaca jendela berhamburan. Kami segera menyelamatkan diri,'' ujar Peggy Walker, pegawai IRS yang duduk di kursi ruangannya saat insiden itu. ''Saking hebatnya guncangan, serasa terjadi gempa bumi,'' tutur Cynthia, saksi mata yang berada di gedung sebelah kompleks IRS, kepada CNN.

Dua jet tempur F-16 langsung dikerahkan ke lokasi untuk berjaga-jaga. Dua pesawat itu berpatroli di udara Austin, ibu kota Texas, beberapa saat atas instruksi Komando Pertahanan Udara Amerika Utara yang bertanggung jawab menjaga wilayah udara AS.

Para pejabat AS membenarkan bahwa kecelakaan itu merupakan serangan yang disengaja atas institusi federal. Tetapi, mereka juga menggarisbawahi bahwa tidak ada kaitan insiden itu dengan terorisme internasional. ''Itu serangan disengaja oleh seorang individu yang beraksi sendirian,'' kata Kepala Polisi Austin Art Acevedo. Dia pun mengabaikan ancaman serangan lanjutan.

Kendati begitu, Juru Bicara Gedung Putih Robert Gibbs menyatakan bahwa serangan tersebut bisa dianggap sebagai aksi terorisme domestik. ''Tetapi, saya akan menunggu investigasi secara menyeluruh usai sebelum memberikan label tersebut,'' katanya. Gibbs menambahkan, Presiden Barack Obama telah diberi tahu soal insiden itu dan menyerahkan investigasi kepada FBI.

Pilot yang menabrakkan pesawat ke gedung tersebut diidentifikasi sebagai Andrew Joseph ''Joe'' Stack III. Jenazahnya ditemukan di lokasi bersama seorang korban lain. ''Sisa-sisa tubuh dua orang ditemukan di bangunan (kantor pajak),'' ujar Candice Wade, juru bicara kantor urusan darurat di Austin.

FAA (Federal Aviation Administration -lembaga dan otoritas yang mengatur penerbangan sipil di AS) mengidentifikasi pesawat yang ditabrakkan itu adalah jenis pesawat bermesin tunggal Piper Cherokee. Pesawat privat terkecil dengan empat kursi tersebut terbang tanpa ada kewajiban bagi pilot terus kontak dengan menara kontrol udara.

Aksi Stack, tampaknya, dipicu kemarahannya yang mendalam kepada kantor pajak dan pemerintah federal AS. Hal itu terungkap lewat catatan bunuh dirinya yang dipublikasikan melalui internet (online) dengan tanda tangan ''Joe Stack''.

Dalam catatan itu, Stack menjelaskan masalahnya dengan IRS. Dia menyalahkan pemerintah karena menerapkan sistem perpajakan tidak adil sehingga menghancurkan kehidupan keluarganya. ''Baiklah, Tuan Pajak, rasakan sesuatu yang berbeda. Rasakan gempuran saya dan silakan tidur nyenyak,'' bunyi catatan tersebut. ''Kekerasan bukan hanya jawaban. Itu satu-satunya jawaban,'' lanjut catatan itu.

Tulisan panjang lebar itu juga menyatakan harapan bahwa serangan tersebut akan ''membuat pemerintah bertekuk lutut akibat kebijakan (pajak) yang kejam serta membuat masyarakat bangun dan mulai melihat keangkuhan penjahat politik.'' ''Jika Anda membaca ini, Anda tidak akan ragu bertanya kepada diri Anda sendiri, mengapa hal ini bisa terjadi?'' tulis Stack.

Selain menceritakan nasib malangnya secara finansial, Stack menulis kesulitannya mendapatkan pekerjaan di Austin dan dua kali pertikaian dengan IRS. Salah satu di antarnya, terjadi setelah dia tidak menyerahkan laporan pajak karena tidak punya penghasilan. Yang lain setelah dia gagal melaporkan penghasilan istrinya, Sheryl.

Berdasar catatan Negara Bagian California, Stack punya riwayat bisnis yang bermasalah. Dia dua kali memulai perusahaan software di California, tetapi dihentikan kantor pajak pada 2000 dan 2004. Istri pertama dia mengajukan kebangkrutan pada 1999 dengan menunggak pajak kepada IRS hampir USD 126 ribu (sekitar Rp 1,2 miliar).

CNN melaporkan, sebelum menabrakkan pesawat yang dipiloti, Stack membakar rumahnya di Austin. Rumah berlokasi di kawasan menengah itu hanya sekitar enam mil atau 9,6 km dari lokasi kantor IRS. Atapnya bolong dan kaca jendela hancur.

Elbert Hutchins, tetangga Stack, mengungkapkan bahwa api membakar rumah pukul 09.15 (sekitar pukul 22.15 WIB). Saat itu Hutchins melihat seorang wanita bersama putrinya terburu-buru meninggalkan rumah dengan mobil sebelum petugas pemadam tiba.

''Keduanya tampak amat kebingungan. Mereka menjerit dan menangis, itu rumah kami, itu rumah kami (yang terbakar)'' cerita Hutchins, pensiunan yang mengatakan tidak mengenal baik tetangganya.
Anda sedang membaca artikel tentang Pesawat Bermesin Tunggal Tabrak Gedung IRS di Austin Texas dan anda bisa menemukan artikel Pesawat Bermesin Tunggal Tabrak Gedung IRS di Austin Texas ini dengan url http://anandanurhadi.blogspot.com/2010/02/pesawat-bermesin-tunggal-tabrak-gedung.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Pesawat Bermesin Tunggal Tabrak Gedung IRS di Austin Texas ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Pesawat Bermesin Tunggal Tabrak Gedung IRS di Austin Texas sumbernya.
| More

0 comments:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Pengikut

Laman

 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD