Hari Ini Pendaftaran UMB PTS Dibuka

Rabu, 10 Februari 2010 ·
SURABAYA - Pendaftaran ujian masuk bersama (UMB) perguruan tinggi swasta (PTS) mulai dibuka hari ini (11/2). Pendaftaran yang akan dibuka hingga 20 Februari itu dilangsungkan secara online. Untuk wilayah Surabaya, tes dihelat di Universitas Surabaya (Ubaya) dan Universitas Wijaya Kusuma (UWK) pada 21 Februari nanti.

Pendaftaran UMB PTS di Surabaya dan sekitarnya ditangani panitia seleksi penerimaan mahasiswa baru (SPMB) regional III. Selain UMB PTS, panitia SPMB mengurusi UMB PTN. Ketua SPMB Regional III Soegiono mengatakan, proses seleksi persis dengan tahun lalu.

Untuk mendaftar, peserta cukup datang ke BNI dan membayarkan uang pendaftaran Rp 225 ribu. Setelah membayar, mereka mendapatkan PIN yang digunakan untuk mendaftar secara online di situs www.spmb.or.id. "Pilih menu UMB PTS dan mulai isi blangko yang disediakan di website. Peserta bisa memilih PTS mana saja yang diminati," tutur Soegiono.

Di regional III ada delapan PTS yang ikut dalam SPMB. Enam PTS berada di Surabaya dan dua di Malang. PTS di Surabaya adalah Ubaya, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran, Universitas 17 Agustus 1945 (Untag), UWK, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Perbanas, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (Stiesia). Sedangkan yang berlokasi di Malang adalah Universitas Islam Malang (Unisma) dan Universitas Merdeka Malang (Unmer). "Masih banyak universitas lain di seluruh Indonesia yang ikut, salah satunya Universitas Trisakti," ujar mantan rektor ITS itu.

Jika sudah mengisi semua data dan pilihan di blangko, akan ditampilkan kartu peserta UMB PTS. Kartu tersebut langsung menunjukkan nomor peserta serta jadwal dan tempat ujian. Kartu itu bisa dicetak langsung, lalu dibawa saat ujian berlangsung. Seperti pernah diberitakan, UMB PTS juga dilakukan secara paperless. Peserta yang datang langsung menghadap komputer dan soal-soal tampil di monitor untuk dikerjakan.

Soegiono menjelaskan, panitia tidak menargetkan jumlah peserta dalam UMB PTS. Sebab, saat ini kebanyakan siswa masih terfokus pada ujian nasional (unas). Jadi, sangat mungkin pendaftar UMB PTS tidak terlalu banyak.

"Biasanya, pendaftar UMB PTS memang baru membeludak setelah pengumuman SNM PTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri, Red)," jelasnya. Untuk masuk ke PTN sekarang, ada berbagai jalur. Mulai SNM PTN, UMB PTN, dan jalur lain yang dibuat oleh setiap PTN.

Sementara itu, siswa yang berminat mengikuti UMB PTN bisa mulai membayar pada 22 Februari hingga 22 Mei mendatang. Ada 123 PTN yang ikut dalam jaringan UMB PTN. Sama dengan UMB PTS, pembayaran dilakukan di BNI. Besarannya, IPA dan IPS Rp 200 ribu, sedangkan IPC (IPA dan IPS) Rp 225 ribu.

Mekanisme pendaftarannya sama dengan UMB PTS. Yaitu, dilakukan secara online di situs yang sama. Hanya, pilihan halamannya UMB PTN, bukan UMB PTS. Pendaftaran dibuka pada 12 April sampai 20 Mei nanti. Lalu, ujian akan dilangsungkan pada 22 Mei. Peserta yang lolos diumumkan pada 8 Juni nanti. Berbeda dengan UMB PTS, UMB PTN menggunakan kertas, bukan online.

"Tempatnya nanti adalah PTN. Tapi, kami belum menentukan di mana," terangnya. Khusus UMB PTN, panitia menargetkan peserta sebanyak 100 ribu.
Anda sedang membaca artikel tentang Hari Ini Pendaftaran UMB PTS Dibuka dan anda bisa menemukan artikel Hari Ini Pendaftaran UMB PTS Dibuka ini dengan url http://anandanurhadi.blogspot.com/2010/02/hari-ini-pendaftaran-umb-pts-dibuka.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Hari Ini Pendaftaran UMB PTS Dibuka ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Hari Ini Pendaftaran UMB PTS Dibuka sumbernya.
| More

0 comments:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Pengikut

Laman

 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD