Ular tangga yang dimainkan di SD Muhammadiyah 4 itu tak umum. Di tiap petak yang berjumlah 80 buah, terdapat tulisan-tulisan mengenai wawasan hemat en

Sabtu, 03 April 2010 ·
Puluhan siswa SD Muhammadiyah 4 berkumpul di pelataran persegi lantai dua. Mereka terbagi menjadi 23 kelompok. Masing-masing kelompok beranggota empat atau tiga orang. Dengan dipandu tim mahasiswa ITS, para siswa menghadap ke sebuah papan ular tangga.

Ular tangga yang dimainkan di SD Muhammadiyah 4 itu tak umum. Di tiap petak yang berjumlah 80 buah, terdapat tulisan-tulisan mengenai wawasan hemat energi listrik.

Terdapat pula gambar yang berhubungan dengan energi listrik dan cara-cara penghematannya. Ada pula gambar yang mencontohkan perilaku tidak hemat energi. Dalam salah satu gambar, terdapat seseorang yang membuka kulkas lama-lama.

"Semakin lama dibuka, semakin banyak daya yang digunakan oleh kulkas untuk beroperasi. Jadi, berpikirlah dulu tentang apa yang ingin diambil di kulkas sebelum membuka. Jangan dibalik. Membuka dulu, baru berpikir," kata Anandito Kusumojati, salah seorang mahasiswa ITS.

Ular tangga tersebut dibuat sebagai salah satu bentuk program kreativitas mahasiswa yang dibiayai penuh oleh Dikti. Di samping ke SD Muhammadiyah 4, rencananya ular tangga hemat energi listrik itu akan disosialisasikan ke lima SD lain.

''Energi listrik di negeri ini sedang krisis," ungkap Anandito. Karena itu, dia dan kawan-kawannya memutuskan untuk memberi penyuluhan tentang pentingnya menghemat energi tersebut. Sasaran penyuluhan adalah anak-anak usia SD
Anda sedang membaca artikel tentang Ular tangga yang dimainkan di SD Muhammadiyah 4 itu tak umum. Di tiap petak yang berjumlah 80 buah, terdapat tulisan-tulisan mengenai wawasan hemat en dan anda bisa menemukan artikel Ular tangga yang dimainkan di SD Muhammadiyah 4 itu tak umum. Di tiap petak yang berjumlah 80 buah, terdapat tulisan-tulisan mengenai wawasan hemat en ini dengan url http://anandanurhadi.blogspot.com/2010/04/ular-tangga-yang-dimainkan-di-sd.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Ular tangga yang dimainkan di SD Muhammadiyah 4 itu tak umum. Di tiap petak yang berjumlah 80 buah, terdapat tulisan-tulisan mengenai wawasan hemat en ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Ular tangga yang dimainkan di SD Muhammadiyah 4 itu tak umum. Di tiap petak yang berjumlah 80 buah, terdapat tulisan-tulisan mengenai wawasan hemat en sumbernya.
| More

0 comments:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Pengikut

Laman

 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD