PDIP Punya Calon-Calon Pemimpin Nasional yang Bisa Diorbitkan Bantah Puan, Prananda, dan Puti Rebutan Jabatan

Selasa, 06 April 2010 ·
Sehari menjelang pembukaan Kongres III PDIP, kemarin (5/4) Megawati Soekarnoputri menampilkan sejumlah keluarga besar Bung Karno kepada publik. Mega yang bakal menjadi calon tunggal ketua umum PDIP itu mengajak dua anaknya saat konferensi pers di ruang Rama Sinta, Hotel Inna Grand Bali Beach.

Mega yang didampingi sang suami, Taufik Kiemas, membawa dua putra-putrinya, Puan Maharani dan Prananda Prabowo. Ikut duduk bersama mereka, Puti Guntur Soekarnoputra. Satu-satunya yang bukan anggota keluarga hanya Sekjen DPP PDIP Pramono Anung. Sementara itu, Ketua OC Kongres Tjahjo Kumolo justru berbaur dengan para wartawan.

Prananda, Puan, dan Puti adalah generasi kedua trah Bung Karno. Ketiganya merupakan cucu presiden pertama RI. Mega mengatakan sengaja mengajak anggota keluarga untuk membuktikan bahwa tidak ada masalah di internal keluarga besar Bung Karno. ''Sekarang kami datang untuk dilihat, inilah keluarga besar Bung Karno," kata Mega kemarin (5/4).

Mega, ternyata, gerah dengan berkembangnya isu mengenai kontestasi antara Puan, Prananda, dan Puti untuk mengincar posisi di DPP PDIP periode mendatang. Dalam kongres kali ini, ketiganya memang mendapat peran. Puan menjadi ketua penyelenggara kongres, Prananda duduk di steering committee, sedangkan Puti menjadi salah satu OC bagian persidangan.

"Inilah kami. Kalau yang muda ingin berkiprah, jangan dikatakan mereka ambil pilihan-pilihan (punya kepentingan, Red) tertentu," katanya.

Mega juga kesal bila dirinya dianggap memberi "jalan tol" bagi trah Soekarno untuk duduk di struktur DPP PDIP. "Kalau orang lain saya persilakan karena partai ini terbuka, mengapa sekiranya anak dan sanak saya (tidak boleh, Red). Apalagi, bukan datang dari saya saja,'' kata Mega.

Mantran presiden itu lantas mencontohkan Mangara Siahaan, Jacob Nuwawea, Panda Nababan, Sabam Sirait, dan Adang Ruchiatna yang anak atau sanak saudaranya ikut aktif di PDIP. "Misalnya, Arar (Ketua DPP PDIP Maruarar Sirait, Red) anaknya Sabam," ujarnya. "Jadi, hanya kebetulan kalau dikatakan ini trah Soekarno. Alhamdulillah masih disebut, biasanya dimarginalkan,'' imbuh Mega.

Prananda saat dikonfirmasi mengenai kesiapan untuk masuk ke struktur DPP PDIP mengatakan bahwa kongres yang akan menentukan hal itu. "Bukan hak saya untuk menyatakan tertarik atau tidak," katanya.

Puti menyebut, sebagai kader partai, dirinya tentu siap mengemban segala tugas dan amanat partai. "Saya harus siap. Itu kewajiban saya untuk melaksanakan sebaik-baiknya,'' ujarnya. Baik Puti maupun Prananda hingga saat ini belum pernah duduk di struktur DPP. Namun, Puti telah lolos sebagai anggota DPR.

Pengamat politik dari UI Andrinof A. Chaniago mengatakan, PDIP sebenarnya punya stok calon-calon pemimpin nasional yang bisa diorbitkan. Misalnya, Pramono Anung, Ganjar Pranowo, dan Budiman Sudjatmiko. Tapi, mereka bisa lenyap ditelan zaman karena PDIP terlalu larut pada bayang-bayang Soekarno.

"Figur Megawati jangan sampai menghalangi lahirnya pemimpin-pemimpin nasional di PDIP dari luar keluarga Bung Karno,'' kata direktur Cirus Surveyors Group itu.

Menurut Andrinof, Mega dan elite PDIP harus jeli melihat perubahan generasi pemilih dalam dua pemilu terakhir. Dia menduga, generasi pemilih pada Pemilu 2014 semakin sedikit memandang penting bayang-bayang Bung Karno dan gaya politik heroik zaman perjuangan.

Sebaliknya, mereka akan semakin rasional dan realistis menilai janji politik dan sosok tokoh-tokoh politik. "Kalau PDIP terus larut dalam politik gaya tradisional dan menghalangi munculnya tokoh-tokoh dari luar keluarga Bung Karno, jumlah pemilih PDIP akan terus mengecil mengikuti tren sejak 2004," ingat Andrinof.
Anda sedang membaca artikel tentang PDIP Punya Calon-Calon Pemimpin Nasional yang Bisa Diorbitkan Bantah Puan, Prananda, dan Puti Rebutan Jabatan dan anda bisa menemukan artikel PDIP Punya Calon-Calon Pemimpin Nasional yang Bisa Diorbitkan Bantah Puan, Prananda, dan Puti Rebutan Jabatan ini dengan url http://anandanurhadi.blogspot.com/2010/04/pdip-punya-calon-calon-pemimpin.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel PDIP Punya Calon-Calon Pemimpin Nasional yang Bisa Diorbitkan Bantah Puan, Prananda, dan Puti Rebutan Jabatan ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link PDIP Punya Calon-Calon Pemimpin Nasional yang Bisa Diorbitkan Bantah Puan, Prananda, dan Puti Rebutan Jabatan sumbernya.
| More

0 comments:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Pengikut

Laman

 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD