Media Berperanan Penting Menangkan Calon Kepala Daerah

Rabu, 24 Maret 2010 ·
Jakarta (ANTARA) - Media berperanan penting memenangkan pasangan calon dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) di tanah air .

"Melalui media, seorang calon kepala daerah bisa membentuk opini publik dan meningkatkan citra, sehingga bisa meningkatkan elektabilitas," kata Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman. Ketika membuka seminar "Strategi Pemenangan Pilkada" di Jakarta, Kamis.

Dikatakan Irman, media yang mampu membentuk opini publik tidak hanya televisi dan media cetak, tapi juga media online seperti website, blog, "twitter, facebook", dan sebagainya.

Ia mencontohkan pada pemilihan Presiden di Amerika Serikat, Barack Obama, terpilih sebagai Presiden antara lain karena dukungan media.

Menurut dia, Barack Obama yang saat itu senator muda di Partai Demokrat, mampu memanfaatkan media secara terus-menerus sehingga membentuk opini publik dan meningkatkan citranya.

"Langkah yang dilakukan Obama tersebut mampu mengungguli seniornya dan akhirnya terpilih sebagai Presiden," katanya.

Dikatakannya, langkah yang dilakukan Obama bisa menjadi contoh bagi calon kepala daerah untuk meningkatkan elektabilitasnya.

Anggota DPD dari Provinsi Sumatera Barat ini menjelaskan di era modern saat ini, kemenangan seorang calon kepala daerah, selain memiliki visi, misi, dan program yang baik, juga melalui perencanaan dengan pendekatan ilmu pengetahuan.

Perencanaan tersebut, katanya, meliputi survei oleh lembaga survei, jajak pendapat, dan penghitungan cepat.

"Metode ilmu pengetahuan modern ini membuat strategi kampanye dan pemenangan lebih efisien dan efektif," katanya.

Pada 2010 akan dilaksanakan Pilkada di 244 daerah di seluruh Indonesia, meliputi tujuh pemilihan gubernur, 35 pemilihan walikota, dan selebihnya pemilihan bupati.
Anda sedang membaca artikel tentang Media Berperanan Penting Menangkan Calon Kepala Daerah dan anda bisa menemukan artikel Media Berperanan Penting Menangkan Calon Kepala Daerah ini dengan url http://anandanurhadi.blogspot.com/2010/03/media-berperanan-penting-menangkan.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Media Berperanan Penting Menangkan Calon Kepala Daerah ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Media Berperanan Penting Menangkan Calon Kepala Daerah sumbernya.
| More

0 comments:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Pengikut

Laman

 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD