Kongres Partai Demokrat Bebas dari Money Politik?

Minggu, 28 Maret 2010 ·
Berbeda dengan periode sebelumnya, posisi ketua umum Partai Demokrat periode 2010-2015 diperkirakan menjadi amat strategis. Pasalnya, Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono dipastikan tidak akan mencalonkan diri lagi pada Pemilu Presiden 2014. Dengan demikian, pucuk pimpinan PD dapat berpeluang besar melenggang menuju arena Pilpres 2014.

Begitu strategisnya, hal ini dikhawatirkan menimbulkan politik uang atau politik transaksional pada Kongres PD II di Bandung pada 21-23 Maret mendatang, yang salah satu agendanya memilih ketua umum baru.

Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi mengatakan, dalam politik, kemungkinan politik transaksional atau politik uang tetap ada. "Biasanya hal itu selalu bersembunyi di balik alasan uang pembinaan, uang transport, dan lainnya. Tetap saja itu money politics. Apalagi posisi ketua umum sangat strategis," ujarnya, Minggu (28/3/2010) di Jakarta.

Burhanuddin menduga, saat ini, masing-masing calon ketua umum partai pemenang pemilu 2009 tersebut tengah gencar mendekati para pengurus dewan pimpinan cabang untuk menampung aspirasi mereka. Sekretaris Jenderal PD Amir Syamsudin, ketika dikonfirmasi, menegaskan partainya melarang praktik politik uang dan politik transaksional pada Kongres PD II tersebut.

"Pak SBY telah meminta para calon agar menjaga etika, kesantunan dan menghindari black campaign, apalagi money politics. Beliau sudah janji akan memantau lebih dekat," ujarnya.

Ditambahkan Amir, berbeda dengan yang lainnya, tidak ada mindset bisnis pada pertarungan perebutan kursi pucuk pimpinan Partai Demokrat. "Calon-calon kita bukan berasal dari pengusaha besar," tegasnya.
Anda sedang membaca artikel tentang Kongres Partai Demokrat Bebas dari Money Politik? dan anda bisa menemukan artikel Kongres Partai Demokrat Bebas dari Money Politik? ini dengan url http://anandanurhadi.blogspot.com/2010/03/kongres-partai-demokrat-bebas-dari.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel Kongres Partai Demokrat Bebas dari Money Politik? ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link Kongres Partai Demokrat Bebas dari Money Politik? sumbernya.
| More

0 comments:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Pengikut

Laman

 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD