JOMBANG PELOPORI KAMPAYE DAMAI

Minggu, 22 Maret 2009 ·
JOMBANG, JATIM - Menjelang Pemilu 9 April mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jombang mendeklarasikan Pemilu Damai, ditandai dengan penandatangan kesepakatan oleh masing-masing partai politik (Parpol) seluruh kabupaten Jombang.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat Pemkab Jombang, Aswan mengatakan, sebanyak 599 Caleg DPRD Jombang, pengurus Parpol dan tokoh masyarakat serta tokoh agama ikut terlibat dalam acara yang digelar di Pendopo kabupaten Jombang, Kamis (05/03).

“Selain para Caleg dan pengurus Parpol, kegiatan itu juga mengundang tokoh masyarakat dan agama di Kabupaten Jombang,” kata Aswan, (05/03).

Dia menjelaskan, beberapa isi dari kesepakatan adalah bersedia dan sanggup untuk melaksanakan Pemilu secara damai, jujur dan adil serta menghindari segala bentuk kekerasan. Kemudian menjaga Kabupaten Jombang tetap kondusif dan aman. Dan sepakat untuk berjiwa besar dan bersedia menyelesaikan persoalan dengan musyawarah untuk mencapai mufakat.

Senada juga dikatakan oleh Bupati Jombang, Suyanto. Menurutnya, jika semua sepakat untuk menciptakan suasana yang kondusif bagi Jombang, maka proses jalannya demokrasi dapat terlaksana dengan baik. "Sebab baik penyelenggara maupun peserta kampanye berkwajiban untuk damai," kata Suyanto.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Jombang menjelaskan kepada undangan yang hadir terkait persoalan Tindak Pidana Pemilu (Tipilu). Menurutnya pada Pemilu 2009 ini berbeda dengan Pemilu 2004 lalu.

Pada Pemilu 2009 ini aparat penegak hukum yang terdiri dari Kepolisian, Kejaksaan dan Pengadilan adalah betul-betul sebagai wasit. Sebab, setiap sengketa Pemilu di daerah ditangani aparat penegak hukum di daerah masing-masing.

Acara diakhiri dengan penandatanganan kesepakatan damai yang ditanda tangani oleh 599 Caleg beserta ketua partai dari Parpol masing-masing. - kp004
Anda sedang membaca artikel tentang JOMBANG PELOPORI KAMPAYE DAMAI dan anda bisa menemukan artikel JOMBANG PELOPORI KAMPAYE DAMAI ini dengan url http://anandanurhadi.blogspot.com/2009/03/jombang-pelopori-kampaye-damai.html,anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel JOMBANG PELOPORI KAMPAYE DAMAI ini sangat bermanfaat bagi teman-teman anda,namun jangan lupa untuk meletakkan link JOMBANG PELOPORI KAMPAYE DAMAI sumbernya.
| More

0 comments:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Powered By Blogger

Pengikut

Laman

 

SKY DASHBOARD | Copyright © 2009 - Blogger Template Designed By BLOGGER DASHBOARD